Cara Membuat dan Menghilangkan Hardsub / Subtitle Permanen


Hardsub adalah subtitle yang telah benar-benar menyatu dengan videonya, menempel dengan frame pada video. Karena telah menyatu dengan frame, teks pada hardsub bukan merupakan teks lagi, tapi telah menjadi gambar. Untuk mengedit teks pada hardsub, dibutuhkan langkah panjang. Cara memainkan Video dengan hardsub yaitu dengan memainkan video seperti video.
Mayoritas software untuk membuat hardsub hanya mendukung file video AVI sehingga memakan waktu lama untuk file berkestensi lain karena harus di ubah ke AVI terlebih dahulu. Nah, pada artikel ini saya akan membahas cara membuat dan menghilangkan hardsub pada file video MKV.




Membuat Hardsub

Software yang diperlukan:
mkvtoolnix (download disini)

Caranya:
1. Instal mkvtoolnix-nya
2. Klik Start > All Programs > MKVtoolnix > mkvmerge GUI untuk mengaktifkan program mkvmerge GUI.
3. Klik tombol add untuk menambahkan file MKV/raw. Atau bisa juga dengan cara drag and drop filenya ke jendela mkvmerge GUI.
4. Khusus file MKV yang kacau subtitlenya, hilangkan cek pada track S_TEXT di kolom Tracks, chapters anda tags.
5. Klik lagi tombol add untuk menambahkan file subtitle yang udah benar. Atau bisa juga dengan cara drag and drop file subtitle-nya ke jendela mkvmerge GUI. File subtitle biasanya berformat SRT atau ASS. Kamu juga bisa menambahkan lebih dari satu subtitle ke dalam track.
6. Secara default, file hasil re-muxing akan disimpan di folder yang sama dengan file sumber dan diberi tambahan angka pada nama filenya. Untuk mengubahnya, klik tombol Browse pada bagian output filename, kemudian tentukan nama atau tempat menyimpan file hasil re-muxing.
7. Klik tombol Start muxing untuk memulai proses re-muxing.
8. Tunggu sampai proses muxing selesai. Jika sudah, klik tombol Open Folder untuk membuka folder tempat menyimpan file hasil re-muxing tadi, kemudian tes file-nya.
Menghilangkan Hardsub
1. Untuk menghilangkan hardsub di video, hilangkan cek pada track S_TEXT di kolom Tracks, chapters anda tags.
2. Klik tombol Start muxing untuk memulai proses re-muxing.
3. Tunggu sampai proses muxing selesai. Jika sudah, klik tombol Open Folder untuk membuka folder tempat menyimpan file hasil re-muxing tadi, kemudian tes file-nya.

Selamat mencoba.

Pembahasan Sedikit Tentang Hardsub

Hardsub
Subtitle jenis ini sudah menyatu bersamaan dengan video. Dan takkan bisa dilepas, dihilangkan, ataupun disunting. Walau kontainernya .mkv sekalipun.

Softsub
Subtitle jenis ini kebalikan dari hardsub. Pada softsub, takarir film masih bisa disembunyikan saat playback. Softsub dibagi menjadi dua jenis:
1. Internal: yaitu subtitle yang disatukan dengan video (dan audio) bersamaan dengan font-fontnya yang biasanya menggunakan mkvmerge.
2. Eksternal: yaitu subtitle yang diunduh secara terpisah dengan video.
Jadi sebenarnnya tutorial di atas adalah menghilangkan subtitle yang softsub internal dimana kebanyakan orang menganggapnya adalah hardsub.

Source: http://sekolah.fansub.web.id


5 komentar:

  1. Klo yang softsub bisa kli Bang,tp klo yg HardSub nga bs Bang.karna udh menyatu dgn filmnya....

    BalasHapus
  2. saya udah add file mkv nya dan di kolom tracks, chapter, and tags nya ga ada pilihan untuk sub, adanya cuma video dan yang bertype audio. Gimana kalo begini?
    Mohon bantuannya, saya benar benar ingin bisa

    BalasHapus
  3. Kalo ga bisa berarti emang benar2 udah nyatu, caranya agar subtitle yg nyatu tadi bisa jd ga terlihat yaitu dgn di crop atau di blur. Coba juga lihat2 ke situs ini http://www.compression.ru/video/subtitles_removal/index_en.html

    BalasHapus